Seberapa Efektif Kelebihan VPS bagi Website Perusahaan?

Tahukah kamu, banyak perusahaan yang sudah beralih dari shared hosting ke VPS murah. Bukan tanpa alasan karena kelebihan VPS memang sangat mendukung untuk mengembangkan sebuah situs web perusahaan. Apalagi jika kamu bisa memilih hosting murah yang berkualitas.

Namun sayangnya. masih banyak yang ragu untuk beralih dari cara lama ke teknologi yang lebih baik ini. Agar kamu lebih yakin untuk menggunakan teknologi tersebut, artikel ini akan membahas kelebihan, kekurangan, jenis, dan efektifitasnya untuk website bisnis kamu.

Apa Itu VPS?

Pada dasarnya, VPS merupakan teknologi server yang mana kamu seharusnya menggunakan layanan ini untuk menyimpan aplikasi yang cukup besar secara virtual dengan jalur pribadi. Teknologi ini terkenal memiliki banyak kelebihan yang membuat banyak pebisnis beralih dari cara lama ke teknologi canggih ini.

Secara teori, server ini merupakan pecahan dari server besar serta menggunakan teknologi virtual yang seolah menyediakan server tersendiri walaupun memiliki host yang sama.

Bahkan, salah satu kelebihan VPS yang jadi incaran banyak pebisnis adalah memiliki kontrol penuh pada manajemen servernya. Tak heran jika banyak perusahaan yang sudah mulai beralih menggunakan teknologi ini.

Biasanya, penyedia layanan VPS (Virtual Private Server) akan memberikan pelayanan ekstra, karena yang dilayani hanya satu pusat data atau server untuk satu klien.

Kelebihan VPS

Secara teori, banyak pebisnis beralih ke server pribadi karena teknologi ini memiliki banyak kelebihan. Dengan kelebihan tersebut, pastinya akan memengaruhi kredibilitas bisnis yang kamu kelola. Lalu apa saja kelebihan dari teknologi ini?

  • Karena bersifat pribadi, bandwith dan kecepatan server ini juga akan lebih optimal dari shared hosting.
  • Teknologi ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar, karena sesuai pembagian yang ditawarkan kepadamu.
  • Sistem keamanan pastinya lebih baik, karena jalur jaringan hanya kamu gunakan bersama user yang telah kamu beri akses saja.
  • Kamu sebagai pengguna bisa memilih panel kontrol sesuai kebutuhan, karena akses root menjadi syarat utama pada VPS server. Bahkan, kamu bisa mengatur seluruh hak akses, sistem operasi, sampai sistem keamanan pada web server yang kamu kelola.
  • Harga perawatan VPS pastinya akan lebih terjangkau jika kamu bandingkan dengan nilai yang akan kamu terima saat mengelola server
  • Elastisitas dari teknologi ini membuatnya mampu mengatasi lonjakan fluktuasi dengan lebih optimal.
  • Mendukung skalabilitas bisnis dengan lebih optimal.

Kekurangan VPS

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun VPS sebenarnya masih memiliki sedikit kekurangan. Hal ini juga yang terkadang membuat banyak bisnis ragu untuk menggunakan teknologi ini.

  • Walau memiliki harga perawatan yang cukup murah, namun teknologi ini cukup memiliki harga awal yang tinggi jika kamu bandingkan dengan shared hosting.
  • Pada dasarnya, layanan ini sangat bergantung pada provider atau penyedia jasanya, khususnya terkait kapasitas penyimpanan memori yang juga sangat tergantung dari paket yang kamu pilih.
  • Performa dari server sangat bergantung pada teknologi yang provider gunakan, khususnya pada bagian CPU, UPS, RAM, dan juga hardisk atau SSD.
  • Kamu butuh tenaga IT ahli yang siap dan selalu siap siaga jika layanan server yang kamu pilih adalah self manage.
  • Server yang kamu konfigurasi dengan treatment salah, dapat menyebabkan kerentanan keamanan.

Jenis VPS

Pada dasarnya selaku pengguna server pribadi ini, kamu bisa memilih beberapa jenisnya sesuai kondisi dan kebutuhan. Secara teori, hostingan ini memiliki 2 klasifikasi terpisah, mulai dari unmanaged server dan managed server. Berikut penjelasannya:

1. Unmanaged Server

Jenis pertama ini adalah server yang memberikan akses dan pengelolaan penuh pada penggunanya. Khususnya pada beberapa kegiatan seperti:

  • Instalasi software, kontrol panel, dan pembaruan sistem.
  • Pemantauan ancaman serangan siber, serta seluruh troubleshooting masalah server secara mandiri.
  • Konfigurasi pemeliharaan server termasuk upgrade
  • Kelebihan VPS ini adalah punya akses dan kendali penuh pada server.
  • Memerlukan tenaga ahli yang standby 24/7.

2. Managed Server

Jenis berikutnya adalah server pribadi yang menerima bantuan managed sistem pada beberapa aspek pengaturan. Adapun aspek yang berbeda pada jenis ini adalah:

  • Pengaturan server awal jadi tanggung jawab penyedia jasa. Hal ini termasuk instalasi OS, kontrol panel, pengaturan host, dan beberapa kebutuhan awal lainnya.
  • Beberapa penyedia jasa juga menyediakan bantuan pada pembaruan sistem, keamanan sistem, dan juga pemantauan.
  • Bantuan dari CS 24/7 jadi salah satu kelebihan VPS ini. Namun pengembangan sistem cukup rawan pada penyalahgunaan oknum dari dalam.

Seberapa Efektif Teknologi ini untuk Perusahaan?

Secara performa pastinya sistem hosting VPS punya tingkat efektifitas yang cukup tinggi, mengingat kelebihan yang sangat mendukung bisnis yang kamu kelola. Walaupun masih memiliki kekurangan, sistem server ini masih punya nilai tinggi untuk bisnismu.

Jalur private dengan minim pengguna pastinya akan membuat kinerja jaringan server jadi lebih lancar. Performa ini pastinya akan meningkatkan kinerja bisnis terutama dalam kebutuhan internet. Bahkan karena memiliki kapasitas yang besar, kamu tidak perlu tambah server seperti saat menggunakan shared server.

Selain itu, pihak penyedia layanan VPS juga memberikan wewenang dan kontrol penuh pada sistem yang kamu kelola, sehingga tingkat kebocoran data bisa kamu minimalisir. Bahkan kamu bisa meningkatkan server sesuai kebutuhan.

Tertarik Menggunakan Teknologi Server Pribadi?

Nah itulah beberapa info terkait kelebihan VPS, kekurangan, dan jenisnya. Dari penjelasan ini, bisa kamu simpulkan bahwa efektivitas VPS cukup baik untuk bisnis yang kamu kelola.

Mau beralih ke server pribadi? Segera hubungi Niagahoster!

Tinggalkan komentar