Durasi Video Instagram

Secara umum, panjangnya durasi video Instagram adalah 3 hingga 60 detik untuk diunggah maupun ditampilkan di feed, 3-15 detik setiap kali mengunggahnya ke story, dan 1-10 menit ketika di-upload ke IGTV, serta 60 detik saat melakukan live stream.

Semua fitur memiliki porsi durasi video masing-masing dan beberapa di antaranya telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Untuk mengetahui selengkapnya tentang seluk beluk durasi video instagram, kamu bisa simak penjelasannya berikut ini ya!

Durasi Video Instagram di Feed

contoh durasi video instagram di feed
later.com

Durasi video di Instagram ternyata sempat mengalami perubahan beberapa kali semenjak fitur tersebut diperkenalkan ke publik. Jika dulu durasi video yang diunggah ke feed bisa mencapai kurang lebih 2 menit, sekarang pihak IG telah mengubahnya. Para pengguna hanya dapat mem-posting video ke feed atau beranda Instagram mereka dengan durasi 60 detik (1 menit) saja.

Ketika kamu mengunggahnya ke feed IG, video akan secara permanen tersimpan di akun pribadi dan dapat dilihat oleh followers kapan pun mereka mau. Kecuali, jika kamu memang berniat untuk menghapus atau mengarsipkannya.

Nah, apabila durasi video asli ternyata lebih dari 60 detik, lebih baik dipangkas (di-trim) terlebih dahulu sebelum di-upload. Namun, kalau kamu tetap bersikeras ingin mengunggahnya, maka harus memilih porsi maksimal 60 detik dari videomu.

Entah memangkasnya dari awal sampai tengah video, maupun dari tengah hingga selesai. Terpenting, pilihlah porsi atau bagian-bagian yang menarik untuk ditunjukkan ke teman & followersmu.

Kendati demikian, kamu bisa mengunggah 10 video sekaligus dalam satu postingan memanfaatkan fitur multiple posting. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan beberapa video berdurasi 60 detik dulu, kemudian klik ikon ‘select multiple’, lalu pilih sambil mengurutkannya dan posting deh!

contoh durasi video instagram feed
animoto.com

Durasi Video Instagram di Story

Berbeda dengan video pada feed atau beranda Instagram, durasi video di story tampaknya tidak mengalami perubahan, yaitu paling panjang atau maksimum 15 detik sekali posting.

Memang sih terbilang sebentar, karena sejatinya hanya digunakan untuk membagikan momen-momen singkat keseharianmu saja. Nantinya dalam waktu 24 jam, story video tersebut akan hilang atau terhapus secara otomatis.

Tahukah kamu? Meskipun cara meng-upload dan menambahkan video ke story terbilang gampang, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lho!

contoh durasi video instagram di story
businessinsider.com

Pertama, jika durasi video lebih dari 15 detik, maka akan dilanjutkan ke unggahan atau part berikutnya seperti yang terdapat pada gambar di atas. Dengan kata lain, video tersebut bakal terpotong secara otomatis dan terbagi menjadi beberapa bagian (konten). Kedua, Banyaknya part yang terbagi tentu tergantung dari jumlah total durasi video yang hendak kamu unggah. Misalnya saja, video yang ingin kamu unggah berdurasi 30 detik, maka akan terbagi menjadi dua part. Lagi, apabila video lain yang ingin di-upload berdurasi 40 detik, maka akan terbagi menjadi 3 bagian dengan ketentuan: dua video masing-masing berdurasi 15 detik dan yang terakhir berdurasi 10 detik.

Walaupun begitu, Instagram tetap membatasi bahwa setiap video yang diunggah ke story maksimal hanya berdurasi 60 detik dan akan terbagi menjadi 4 part secara berturut-turut. Itu artinya, ketika kamu ingin mengunggah video berdurasi 2 menit ke story, maka yang ter-upload tetap 60 detik (1 menit) saja.

Durasi Video Instagram di IGTV

Sama seperti halnya Instagram Feed, durasi video di IGTV pun akan tersimpan secara permanen, kecuali jika kamu ingin menghapusnya. Ya bisa dikatakan, durasi yang ditawarkan pada fitur ini jauh lebih memuaskan dan disenangi oleh para followers maupun viewers karena mereka bisa menonton video lebih lama.

Sementara itu, dilihat dari kebijakan yang dibuat oleh Instagram, para pengguna biasa seperti kita bisa mengunggah video di IGTV dengan durasi sekitar 15 detik sampai 10 menit. Sedangkan bagi para akun verified alias centang biru dan mereka yang memiliki followers banyak (dari ratusan hingga jutaan), bisa upload video ke IGTV sampai 1 jam atau 60 menit.

contoh durasi video instagram igtv
republicworld.com

Untuk mengunggah sebuah video ke IGTV, pastikan kamu sudah men-download aplikasinya terlebih dahulu. Bagi pengguna android, bisa mencari aplikasi “IGTV” di PlayStore dan pemilik iPhone bisa mencarinya di Apple Store. Kalau sudah, pastikan juga IGTV telah terhubung dengan akun instagrammu. Setelah itu, barulah bisa mengunggahnya dan video bakal ter-posting di akun instagram kamu.

Durasi Video Livestream Instagram

contoh livestream durasi video instagram
businessinsider.com

Durasi live stream atau siaran langsung secara full di Instagram ternyata mampu mencapai 60 menit dalam sekali tayang. Berbeda dengan IGTV yang harus memenuhi syarat tertentu, durasi maksimal video saat live stream tidak harus terikat persyaratan tertentu.

Oh iya, cara menjalankan fitur ini pun sangat mudah. Apalagi ketika siaran langsung berakhir, video tersebut bisa langsung disimpan agar dapat dilihat kembali oleh para followersmu. Selanjutnya, apabila live stream lebih dari 1 jam atau 60 menit, kamu bisa melakukan siaran langsung yang berikutnya dan menyimpannya. Begitu pula seterusnya.

Durasi Video Iklan Instagram

Jika kamu sedang berupaya memperluas cakupan bisnis, maka salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah mempromosikan produk dengan mengiklankannya di instagram. Durasi video untuk iklan di instagram sendiri maksimal 1 menit (60 detik) jika ditampilkan di feed dan pengguna bisa memperbanyaknya sampai 10 part, persis dengan Instagram carousel.

contoh durasi video instagram untuk iklan
smarthostingplans.com

Selain di feed, kamu juga bisa memasang iklan di Instagram story. Durasi videonya pun sama seperti story yang biasa kita gunakan yaitu maksimal 15 detik sekali posting. Jika video iklan di feed ingin ditautkan pada IG story, maka yang tayang nanti hanya 3 part.

contoh durasi video instagram iklan
singlegrain.com

Menggunakan video iklan di Instagram mestinya mengikuti arahan atau petunjuk penggunaan tertentu agar memperoleh hasil yang maksimal. Oleh karena itu, sesuai dengan yang direkomendasikan bahwa video iklan yang muncul di feed haruslah berformat .mp4, dengan resolusi minimal 600 x 315 pixels (1.91:1 landscape), 600 x 600 pixels (1:1 square), dan 600 x 750 pixels (4:5 vertikal). Sementara ukuran file video maksimal 4GB dengan frame rate 30 fps.

Sedangkan untuk story video, kamu bisa memilih video dengan format MOV, Mp4, dan GIF. Sementara rasio ukuran video yang direkomendasikan adalah 9:16 dan minimal resolusinya 720p dengan ukuran 2.3 GB.

Kendati demikian, kamu bisa memanfaat fitur-fitur menarik jika ingin memasang iklan di story Instagram. Seperti GIFs, stikers, dan lain sebagainya.

Durasi Video Reels Instagram

gambar durasi video instagram pada reels
cnn.com

Selain keempat macam video instagram yang sudah dijelaskan di atas, ada satu lagi yang bernama reels. Fitur ini mirip seperti TikTok yang memungkinkan pengguna bisa merekam dan mengedit video di waktu bersamaan semenarik mungkin. Bahkan ketika diputar akan menampilkan efek tertentu. Misalnya saja: ketika seseorang mengeklik lagu, hastag, atau efek tertentu di dalam video Reels, maka ia akan dibawa atau ditujukan ke halaman khusus.

Pada awalnya, durasi video pada reels hanya dibatasi selama 15 detik saja, tetapi kini sudah diperpanjang hingga mencapai 30 detik.

Konsep reels sebenarnya hampir sama dengan story yang menampung konten selama 24 jam sejak masa penayangan dan setelahnya akan hilang. Kamu juga bisa menampilkannya di highlights atau bahkan menyimpannya di arsip.

Menurut informasi yang beredar, fitur Reels ini sudah berkembang secara bertahap di 50 negara dan mungkin bisa bertambah seiring berjalannya waktu. Namun, sayangnya negara-negara yang dimaksud belum termasuk Indonesia. Sayang banget, ya?

Itulah berbagai durasi video instagram yang setidaknya perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan komentar