Algoritma Instagram

Algoritma Instagram adalah metode yang digunakan oleh Instagram untuk menentukan postingan mana yang akan ditampilkan dalam feed sebuah akun ketika mereka membuka Instagram. Berdasarkan algoritma tersebut, Instagram akan memprioritaskan postingan terbaik dan paling relevan untuk ditampilkan dalam sebuah feed. Hal itu bertujuan agar postingan tersebut lebih banyak dilihat oleh followers.

Agar postingan yang kita buat bisa dilihat lebih banyak pengguna, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dalam artikel berikut ini akan dijelaskan secara lengkap apa itu algoritma Instagram dan cara yang bisa ditempuh agar sebuah postingan bisa dilihat oleh lebih banyak pengguna. Yuk, disimak baik-baik.

Cara kerja Algoritma Instagram

bagaimana cara kerja algoritma instagram
Sumber: instagram.com/creators

Sebelum Instagram menggunakan metode algoritma seperti sekarang ini, mereka mengurutkan feed berdasarkan waktu posting. Postingan yang lama akan tergeser jika terdapat postingan baru yang diunggah. Hal ini mengakibatkan beberapa pengguna kehilangan momen jenis konten yang ingin mereka lihat.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Instagram akhirnya memperbarui algoritmanya. Algoritma Instagram yang sekarang ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2016. Sejak saat itu, feed yang muncul di beranda pengguna diurutkan berdasarkan minat. Dengan algoritma ini, Instagram berharap penggunanya bisa melihat lebih banyak konten yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Algoritma ini dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu interaksi, niche, dan waktu posting.

Pertama, dianjurkan untuk secara berkala membalas direct message dan komentar yang masuk agar interaksi dengan followers tetap terjaga. Dengan intensitas interaksi yang lebih banyak, kemungkinan postingan dilihat lebih banyak orang akan semakin besar.

Kedua, dalam bahasa marketing, niche adalah minat atau interest seseorang terhadap sesuatu. Instagram merekam semua aktifitas pengguna untuk mendeteksi jenis konten yang menjadi minat mereka. Konten yang paling relevan akan diletakkan pada bagian atas feed.

Ketiga, kamu juga harus memperhatikan waktu posting. Waktu posting yang paling tepat adalah saat banyak followers yang sedang aktif. Pada waktu tersebut, postingan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dilihat.

Selain itu, kamu juga harus melakukan posting konten secara teratur. Meskipun Instagram sudah tidak menggunakan urutan feed berdasarkan waktu posting, namun postingan paling baru tetap memiliki kemungkinan lebih besar untuk dilihat followers.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar postingan kita bisa dilihat lebih banyak orang.

TIPS 1: Posting secara Konsisten pada Waktu yang Tepat

cara posting tepat waktu dalam algoritma instagram
Sumber: pixabay.com

Agar sebuah postingan dilihat lebih banyak pengguna, yang pertama kali harus dilakukan adalah mengunggah konten secara konsisten. Kuantitas lebih mudah dihitung daripada kualitas sehingga kamu tetap perlu memposting konten dengan rutin sesuai waktu online para followers.

Konsisten tidak harus setiap hari, untuk percobaan pertama, mengunggah 3 konten dalam waktu satu minggu dirasa sudah cukup. Lakukan trial and error untuk mengetahui jangka waktu yang tepat untuk mengunggah konten secara rutin. Konten yang terlalu banyak pun kurang baik karena mengakibatkan followers mudah bosan.

TIPS 2: Perhatikan Insight Instagram dengan Cermat

cara membaca instagram insight algoritma instagram
Sumber: dokumen pribadi

Untuk memanfaatkan fitur Insight, kamu perlu mengubah akun personal menjadi akun bisnis. Perubahan ini bisa dilakukan melalui menu setting, account, kemudian pada bagian paling bawah klik “switch to professional account”. Banyak kategori yang bisa kita pilih sesuai dengan jenis akun, misalnya personal blog, blogger, dan lain-lain.

Fitur Insight ini berguna untuk melihat informasi mengenai followers, seperti demografis dan waktu online mereka. Selain itu, melalui Insight kita juga bisa melihat jenis konten yang paling disukai followers. Dengan mengetahui konten terbaik, kita bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk membuat konten serupa. Konten serupa dibuat dengan harapan akan mendapatkan respon yang baik dari followers.

TIPS 3: Gunakan dan Posting Ulang Konten Terbaik

cara membuat postingan yang konsisten dalam algoritma instagram
Sumber: instagram.com/creators

Masih berhubungan dengan fitur analisis (Insight) dari Instagram, kamu bisa mengunggah kembali konten serupa yang memiliki engagement tinggi. Misalnya, konten interaktif memiliki jumlah komentar terbanyak, maka buat kembali konten yang berbentuk interaktif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi dengan followers atau non-followers.

TIPS 4: Kolaborasi dengan Akun Sejenis

kolaborasi dengan akun sejenis dalam algoritma instagram
Sumber: instagram.com/squarespace

Akun sejenis yang dimaksud adalah akun yang berhubungan dengan jenis konten yang kamu buat. Misalnya, kamu sedang merintis akun untuk berbagi resep masakan beserta foto makanan yang sudah jadi. Nah, akun yang cocok untuk diajak melakukan kolaborasi misalnya akun chef yang sudah cukup terkenal.

Dengan kolaborasi tersebut, terdapat kemungkinan akunmu akan dilihat lebih banyak pengguna Instagram. Hal ini karena followers dari akun yang diajak kolaborasi memungkinkan untuk penasaran dengan konten buatanmu. Oleh karena itu, lakukan kolaborasi dengan membawa konten yang menarik.

TIPS 5: Bangun Hubungan yang Berkualitas dengan Followers

cara membangun engagement dalam algoritma instagram
Sumber: reddit.com

Dalam membangun engagement, tidak disarankan untuk menggunakan cara-cara yang praktis, seperti membeli followers. Instagram bisa membaca apa dilakukan oleh sebuah akun. Membeli followers hanya akan membuat reputasi akun menjadi semakin berkurang. Lebih baik secara natural membalas komentar followers atau direct message untuk meningkatkan engagement.

TIPS 6: Gunakan Hashtag dengan Benar

cara menggunakan hashtag algoritma instagram
Sumber: pixabay.com

Menggunakan hashtag yang relevan adalah salah satu cara agar konten yang kita unggah mendapatkan perhatian dari para pengguna Instagram. Biasanya, pengguna Instagram akan mencari konten serupa dengan menggunakan hashtag. Menggunakan hashtag yang tidak relevan sangat tidak disarankan. Walaupun hashtag tertentu (yang tidak relevan) menghasilkan banyak interaksi, namun hal tersebut akan merusak algoritma yang telah dibangun.

TIPS 7: Manfaatkan Fitur-fitur Story

question box instagram stories dalam algoritma instagram
Sumber: later.com

Awalnya, Instagram stories hanya berisi fitur sederhana seperti sticker dan gif. Saat ini, Instagram stories memiliki banyak fitur interaktif yang bermanfaat untuk meningkatkan engagement dengan followers. Fitur yang bisa dicoba misalnya question box, polling, hingga quiz. Selain itu, Instagram stories juga menyediakan banyak bentuk gif sticker yang bertujuan untuk mengarahkan followers untuk melihat postingan terbaru, misalnya “see post” dan “tap here”.

TIPS 8: Gunakan Caption Interaktif

cara membuat caption interaktif algoritma instagram
Sumber: instagram.com/elisedarma

 

Instagram telah mengonfirmasi bahwa komentar dalam sebuah postingan dapat meningkatkan engagement sebuah akun dengan followersnya. Oleh karena itu, Instagram menyarankan untuk membuat caption yang mendorong followers untuk berkomentar. Contoh caption interaktif misalnya pertanyaan mengenai bagaimana preferensi followers terhadap suatu topik atau produk.

TIPS 9: Manfaatkan Fitur Terbaru Instagram

instagram reel dalam algoritma instagram
Sumber: insider.com

Instagram selalu memperbarui fitur-fitur mereka. Fitur baru biasanya akan ramai digunakan pada masa awal kehadirannya. Agar tidak ketinggalan trend dengan followers, kita harus selalu up to date yang ikut mencoba fitur baru yang dihadirkan. Hal ini juga secara tidak langsung meningkatkan engagement kita dengan followers karena biasanya mereka tertarik dengan hal baru yang sedang ramai dibicarakan.

TIPS 10: Promosi Silang

contoh promosi silang dalam algoritma instagram
Sumber: later.com

Promosi silang yang dimaksud adalah memanfaatkan berbagai bentuk konten yang bisa diciptakan melalui Instagram. Pada awal kemunculannya, Instagram memang hanya menyediakan fitur berbagi foto. Namun, saat ini ia telah berubah menjadi salah satu platform yang kaya akan konten.

Tak hanya foto, Instagram kini memiliki fitur berbagai video melalui timeline dan IGTV. Instagram juga memiliki Story yang bertujuan untuk melakukan interaksi dengan followers dalam jangka waktu yang singkat. Untuk meningkatkan engagement, berbagai fitur yang sudah hadir ini seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik.

TIPS 11: Balas Setiap DM yang Masuk

interaksi dm dalam algoritma instagram
Sumber: mozilla.net

Selain komentar dan interaksi dengan Story, direct message atau DM juga memiliki peran penting dalam meningkatkan engagement sebuah akun Instagram agar postingannya dilihat oleh lebih banyak pengguna. Tanpa disadari, akun yang sering berinteraksi melalui DM akan menjadi akun yang berada pada posisi paling kiri deretan Instagram Stories.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kita sering berinteraksi dengan akun yang bersangkutan. Oleh karena itu, disarankan untuk berinteraksi secara berkala melalui DM dengan cara membalas Story atau berbagi broadcast kepada followers.

TIPS 12: Lakukan Lebih Banyak Live

gambar algoritma instagram live
Sumber: makeastar.co

Instagram Live adalah fitur sederhana yang tidak membutuhkan keahlian khusus dalam menggunakannya. Karena sederhana dan mudah digunakan, tidak ada salahnya untuk lebih banyak mengeksplor fitur Instagram Live. Konten yang diberikan bisa berupa promosi produk maupun mini talk show tentang kisah inspiratif.

Modal yang dibutuhkan dalam membuat live hanya materi dan koneksi yang bagus. Buatlah ide-ide yang menarik untuk dibagikan kepada followers melalui live yang interaktif.

TIPS 13: Adakan Giveaway dan Reward

contoh giveaway algoritma instagram
Sumber: instagram.com/causebox

Tak bisa dipungkiri bahwa semua orang senang mendapatkan hadiah secara gratis. Secara berkala adakan Giveaway untuk menarik lebih banyak followers. Hadiah yang disediakan tergantung preferensi setiap orang, bisa berupa produk sendiri maupun sejumlah uang.

Selain giveaway, kita juga bisa memberikan feedback kepada followers dengan memberikan reward. Reward yang dimaksud misalnya diskon produk yang berupa voucher. Untuk mendapatkan hadiah tersebut, kamu bisa memberikan syarat yang berguna untuk meningkatkan interaksi dengan followers, misalnya like postingan dan tag sejumlah teman. Kamu juga bisa memberikan syarat berupa share postingan tersebut melalui Story agar bisa dilihat lebih banyak orang.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai algoritma Instagram dan tips-tips untuk menduduki peringkat atas algoritma. Semua tips ini tidak perlu dicoba secara bersamaan sekaligus. Cobalah satu per satu secara pelan-pelan untuk mengetahui cara mana yang paling efektif. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar